Materi, Kuis & Jawaban Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM 2021
Materi, Kuis & Jawaban Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM 2021
Anda telah sampai pada topik yang terakhir dari Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum. Pada topik-topik sebelumnya Anda telah memahami mengenai konsep Asesmen Nasional, teknis pelaksanaannya, AKM sebagai bagian dari AN, serta memahami contoh-contoh butir soal AKM literasi membaca dan numerasi. Sekarang Anda akan menggali pemahaman mengenai apa yang terjadi setelah Asesmen Kompetensi Minimum dilaksanakan.
Tahap lanjutan setelah pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum adalah tahap Pelaporan hasil asesmen. Sesuai dengan tujuannya, Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi dasar siswa, berupa kompetensi literasi membaca dan numerasi.
Dari laporan hasil Asesmen Kompetensi tersebut, satuan pendidikan dapat melihat tingkat penguasaan kompetensi siswanya. Penguasaan kompetensi literasi membaca dan numerasi siswa dikategorikan dalam 4 tingkatan. Untuk lebih memahami penjelasan kompetensi pada setiap kategori, Anda dapat membaca infografik berikut ini:
Tingkat kompetensi tersebut dapat dimanfaatkan guru berbagai mata pelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengan tingkat kompetensi siswa. Dengan demikian “Teaching at the right level” dapat diterapkan. Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat capaian siswa akan memudahkan siswa menguasai konsep, keterampilan dan konten yang diharapkan pada suatu mata pelajaran. Anda dapat membaca informasi selengkapnya pada tautan berikut ini: AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran
Kuis Konsep Asesmen Nasional - Pada topik sebelumnya, Guru telah memahami mengenai Konsep Asesmen Nasional, teknis pelaksanaannya, AKM sebagai bagian dari AN, serta memahami contoh-contoh butir soal AKM literasi membaca dan numerasi.
Materi Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM
- Mengidentifikasi 4 kategori tingkat penguasaan kompetensi.
- Menjelaskan perbedaan pembelajaran berbasis kompetensi dengan berbasis konten.
- Analisis kategori penguasaan kompetensi untuk tindak lanjut pembelajaran.
- Merekomendasikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil laporan asesmen kompetensi minimum.
- Contoh strategi pembelajaran berbasis kompetensi pada mata pelajaran.
- Segitiga belajar : kurikulum, asesmen dan pembelajaran.
Kuis & Jawaban Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM
- Benar
- Salah
- Benar
- Salah
- Benar
- Salah
- Benar
- Salah
- Benar
- Salah
- Benar
- Salah
- Benar
- Salah
- Benar
- Salah
- Benar
- Salah
- Benar
- Salah
Posting Komentar untuk "Materi, Kuis & Jawaban Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM 2021"