Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi, Kuis & Jawaban Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM 2021

Materi, Kuis & Jawaban Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM 2021

Anda telah sampai pada topik yang terakhir dari Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum. Pada topik-topik sebelumnya Anda telah memahami mengenai konsep Asesmen Nasional, teknis pelaksanaannya, AKM sebagai bagian dari AN, serta memahami contoh-contoh butir soal AKM literasi membaca dan numerasi. Sekarang Anda akan menggali pemahaman mengenai apa yang terjadi setelah Asesmen Kompetensi Minimum dilaksanakan.

Tahap lanjutan setelah pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum adalah tahap Pelaporan hasil asesmen. Sesuai dengan tujuannya, Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi dasar siswa, berupa kompetensi literasi membaca dan numerasi. 

Dari laporan hasil Asesmen Kompetensi tersebut, satuan pendidikan dapat melihat tingkat penguasaan kompetensi siswanya. Penguasaan kompetensi literasi membaca dan numerasi siswa dikategorikan dalam 4 tingkatan. Untuk lebih memahami penjelasan kompetensi pada setiap kategori, Anda dapat membaca infografik berikut ini:






Tingkat kompetensi tersebut dapat dimanfaatkan guru berbagai mata pelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengan tingkat kompetensi siswa. Dengan demikian “Teaching at the right level” dapat diterapkan. Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat capaian siswa akan memudahkan siswa menguasai konsep, keterampilan dan konten yang diharapkan pada suatu mata pelajaran. Anda dapat membaca informasi selengkapnya pada tautan berikut ini: AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran

 Kuis Konsep Asesmen Nasional - Pada topik sebelumnya, Guru telah memahami mengenai Konsep Asesmen Nasional, teknis pelaksanaannya, AKM sebagai bagian dari AN, serta memahami contoh-contoh butir soal AKM literasi membaca dan numerasi.


Tahap lanjutan setelah pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum adalah tahap Pelaporan hasil asesmen. Sesuai dengan tujuannya, Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi dasar siswa, berupa kompetensi literasi membaca dan numerasi.

Materi Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Terdapat beberapa materi pokok antara lain :
  1. Mengidentifikasi 4 kategori tingkat penguasaan kompetensi.
  2. Menjelaskan perbedaan pembelajaran berbasis kompetensi dengan berbasis konten.
  3. Analisis kategori penguasaan kompetensi untuk tindak lanjut pembelajaran.
  4. Merekomendasikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil laporan asesmen kompetensi minimum.
  5. Contoh strategi pembelajaran berbasis kompetensi pada mata pelajaran.
  6. Segitiga belajar : kurikulum, asesmen dan pembelajaran.


Kuis & Jawaban Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM


Setelah mempelajari Konsep Asesmen Nasional secara menyeluruh, Guru dapat mengukur sejauh mana pemahaman dalam menguasai topik ini. Berikut terdapat beberapa pernyataan terkait laporan dan rekomendasi hasil Asesmen Nasional.

Pada setiap pernyataan tersebut, Guru dapat menentukan apakah pernyataan tersebut benar atau salah. Jika mendapat hasil yang kurang maksimal, Guru diberi kesempatan untuk mempelajari kembali materi sebelumnya. Setelah itu, dapat mengulang kembali kuis ini.


1. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi pada satuan pendidikan.
  • Benar
  • Salah

2. Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat kompetensi siswa akan memudahkan siswa menguasai konsep, keterampilan dan konten yang diharapkan pada suatu mata pelajaran. 
  • Benar
  • Salah


3. Pada pembelajaran berbasis kompetensi, siswa diharapkan mampu mendemonstrasikan penguasaan konsep, keterampilan dan pengetahuan sebagai proses pembelajaran.
  • Benar
  • Salah

4. Karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi adalah fokusnya pada capaian hasil akhir berupa nilai.
  • Benar
  • Salah

5. Tantangan pembelajaran berbasis kompetensi bagi guru semua mata pelajaran antara lain adalah, kemampuan untuk mengidentifikasi tahapan kompetensi dasar siswanya termasuk literasi dan numerasi.
  • Benar
  • Salah


6. Pembelajaran berbasis konten belajar untuk cakupan materi. Pembelajaran berbasis kompetensi belajar untuk pemahaman konsep dan menerapkan keterampilan.
  • Benar
  • Salah

7. Laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dapat menjadi rekomendasi bagi guru- guru dari setiap mata pelajaran untuk memperbaiki atau menyesuaikan strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan tingkat kompetensi yang aktual.
  • Benar
  • Salah

8. Kompetensi diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan suatu kinerja dengan baik, misalnya mampu melakukan tugas atau pekerjaan secara efektif.
  • Benar
  • Salah

9. Kekuatan pembelajaran berbasis kompetensi terletak pada materi yang telah disediakan.
  • Benar
  • Salah

10. Sebaiknya semua siswa mencapai level mahir dalam waktu yang bersamaan.
  • Benar
  • Salah

Komang Budiadnya
Komang Budiadnya Saya Seorang Guru dan Juga Content Creator

Posting Komentar untuk "Materi, Kuis & Jawaban Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM 2021"