PEMBATIK DUTA RUMAH BELAJAR
Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 1 – Literasi TIK telah dibuka kembali. Segera daftarkan diri Anda melalui https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id
Syarat dan Ketentuan:
1. Peserta belum memiliki Sertifikat Level 1 – Literasi TIK
2. Peserta merupakan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari semua jenjangyang dibuktikan dengan SK PNS yang bersangkutan.atau guru yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan atau guru honorer di instansi pendidikan pemerintah/swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.
3. Mengajar minimal satu bidang studi di sekolahnya (guru mata pelajaran/guru kelas)
Mari Bapak dan Ibu Guru di seluruh Indonesia bersama-sama Rumah Belajar untuk bersemangat selalu dalam meningkatkan kompetensi Bapdak dan Ibu terutama di bidang TIK untuk pembelajaran
#PembaTIK2020 #DutaRumahBelajar #RumahBelajar #KemendikbudRI #NadiemMarkarim
Yth. Peserta PembaTIK Level 1
Berdasarkan hasil ujian akhir level 1 yang telah dilaksanakan, kami sampaikan daftar peserta yang lulus pada Level 1 dan dinyatakan berhak untuk melanjutkan ke Level Implementasi TIK (Level2) pada tautan https://bit.ly/pengumumanlevel1 .
Untuk mengetahui nilai ujian akhir, seluruh peserta dapat mengecek hasil ujian akhir level 1 pada masing-masing kelas yang diikuti di menu Pelatihan Saya (tangkapan layar contoh cara melihat nilai ada pada tautan https://bit.ly/caralihatnilaipembatik )
Untuk peserta yang dinyatakan lulus, silakan memilih kembali gelombang level lanjutan tersebut melalui laman https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/pembatik_2020_level2 dengan login ke akun masing-masing dan melaksanakan segala kegiatan yang ada di kelas sesuai dengan periode gelombang yang tertera.
Bagi peserta yang belum dinyatakan lulus, kami apresiasi semangat dan dedikasinya untuk mengikuti pelatihan ini dan menghimbau untuk dapat mengikuti kembali PembaTIK Level 1 yang pendaftarannya akan dibuka paling cepat pada bulan Juni 2020. Selalu ikuti informasi terkini melalui kanal-kanal informasi Rumah Belajar.
Sekian pemberitahuan dari kami, semoga Bapak dan Ibu sekalian selalu dalam keadaan sehat.
Terima kasih
Salam semangat
Panitia PembaTIK 2020
PEMBATIK LEVEL 2 TAHUN 2019
Pelaksanaan PembaTIK Level 2 sudah mulai dilaksanakan, Gelombang 1 dimulai dari tanggal 18 Mei hingga 1 Juni 2019. Peserta pada gelombang 1 merupakan seluruh peserta dari Provinsi Bali. Bagi Bapak dan Ibu peserta PembaTIK yang lolos ke Level 2 dari PROVINSI BALI (Untuk provinsi lain akan dilaksanakan setelah libur Idul Fitri). Silahkan mulai akses kelas online masing-masing dengan tata cara berikut ini:
1. Buka laman simpatik.belajar.kemdikbud.go.id
2. Log In menggunakan akun masing-masing
3. Klik menu Pelatihan -> Pelatihan Saya
4. Cari kelas PembaTIK Level 2, kemudian klik "Detail"
5. Lalu klik "Masuk Kelas"
6. Silahkan mempelajari setiap modul yang ada di kelas, mengerjakan tugas yang diberikan, dan melaksanakan ujian akhir pada akhir periode gelombang
Info hasil Vicon via Grup Facebook Rumah Belajar, Selasa, 21 Mei 2019:
Bapak ibu peserta Pembatik Nasional Bali, terima kasih yang sudah mengikuti vicon sore ini.
Berikut akan kami tuliskan kembali hasil vicon dengan presenter Bp. Arif Darmawan
Peserta PembaTIK Level 2 yang saya banggakan, mohon dicermati informasi berikut:
- Penilaian kelulusan level 2 dengan KKM 70
- Poin penilaian Ujian Akhir Level 2 sebesar 40% dan penugasan 60%
- Tugas berupa :
- Pembuatan AKun Rumah Belajar (bagi bapak ibu yang sudah memiliki akun rumah belajar maka tugas pembuatan akun ini dianggap sudah mengerjakan)
- Pembuatan RPP Terintegrasi TIK (sesuai dengan Mapel yang bapak ibu ampu) dengan memanfaatkan berbagai Fitur yang ada di Portal rumah Belajar .
- Pembuatan Video Pembelajaran (BUKAN VIDEO DOKUMENTASI)
- Video yang dibuat dengan durasi waktu 3 - 7 menit
- Video harus disesuaikan dengan RPP
- Gunkan Resolusi 720 HD
- Format MP 4
- Aplikasi untuk pembuatan video diserahkan pada bapak ibu (tidak ada ketentuan menggunakan aplikasi tertentu)
- Bisa dengan menggunakan android
- Materi yang dimunculkan dalam video harus sesuai dengan materi yang ada di RPP
- dalam video tsb harus muncul Wajah Bapak ibu
- Kata sapaan yang digunakan adalah SAHABAT RUMAH BELAJAR
- Nanti akan ada kelas daring (waktu dan durasi waktunya akan diumumkan pada link simpatik) yang oasti setelah lebaran
- Bapak ibu wajib mengikuti diskusi pada kelas online. karena diskusi pada kelas online menjadi prasyarat bapak ibu untuk bisa lulus dari level 2.
- Misalnya terjadi nilai tugas dan ujian akhir tidak mencapai KKM maka keaktifan diskusi pada kelas online akan menjadi tambahn bagi bapak ibu sehingga bisa lulus level 2. Semangat Bali!
Terima kasih.
MODUL PEMBATIK NASIONAL LEVEL 2 TAHUN 2019
CONTOH RPP TUGAS PEMBATIK LEVEL 2 INTEGRASI TIK DAN FITUR RUMAH BELAJAR
Pengumuman Kelulusan Pos Test Pembatik Level 1 Pustekkom-Kemdikbud RI 2019
Hasil Ujian PembaTIK Level 1 sudah dapat dilihat di http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/pembatik_level_1_2019
Selamat bagi Bapak dan Ibu yang lolos ke Level 2 dan terima kasih bagi seluruh peserta atas partisipasi dan antuasime yang diberikan selama ini.
Semoga ilmu yang diperoleh dapat selalu bermanfaat
DutaRumahBelajar2019 #PembaTIKLevel1 #RumahBelajar
1. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, yaitu...
- a. melakukan kolaborasi melalui media sosial
- b. mencari sumber informasi dan data di perpustakaan
- c. merumuskan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan powerpoint
- d. menggunakan telepon untuk berkomunikasi
- e. menonton tayangan televisi setelah belajar
2. Aktivitas mencoba (experiment) dengan menggunakan TIK dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan... (Pendalaman)
- a. mencari informasi melalui internet, video pembelajaran, slide presentasi, games dan lain- lain.
- b. mengkomunikasi melalui media sosial, menulis laporan, mempresentasikan menggunakan video dan media presentasi
- c. merencanakan dan melaksanakan eksperimen menggunakan virtual lab, mengolah dan menyajikan data menggunakan aplikasi
- d. bertanya jawab dan beropini melalui media sosial atau jejaring sosial
- e. menganalisis data dan menyimpulkan menggunakan aplikasi.
3. Salah satu bentuk pemanfaatan fitur Sumber Belajar pada Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran sebagai referensi belajar bagi siswa yaitu sebagai.....
- a. media belajar siswa
- b. alat evaluasi siswa
- c. media kolaborasi siswa
- d. media komunikasi siswa
- e. media simulasi siswa
4. Pemanfaatan simulasi, latihan maupun soal-soal test pada sumber belajar untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari, merupakan salah satu bentuk pemanfaatan sumber belajar yaitu...
- a. sebagai referensi tambahan dalam menyiapkan bahan ajar
- b. sebagai sarana untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran secara online di kelas
- c. sebagai sarana dalam mengembangkan kreativitas dan suasana belajar
- d. sebagai sarana berinovasi dalam pembelajaran.
- e. sebagai sarana kolaborasi dengan siswa dalam pembelajaran.
5. Langkah kedua yang harus dilakukan guru dalam memanfaatkan fitur Sumber Belajar Rumah Belajar untuk pembelajaran yaitu....
- a. menentukan konten yang ada
- b. mengidentifikasi konten di fitur Sumber Belajar
- c. menyusun rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan konten fitur rumah belajar
- d. meminta siswa untuk mempelajari konten fitur Sumber Belajar
- e. menayangkan konten fitur Sumber Belajar di kelas
6. Cara pemanfaatan fitur Sumber Belajar Rumah Belajar yang bisa dilakukan oleh guru adalah...
- a. merancang aktivitas pembelajaran dengan memanfaatkan konten sumber belajar di dalam RPP
- b. membuat jadwal pemanfaatan fitur Sumber Belajar
- c. memnafaatkan fitur Sumber Belajar untuk ulangan
- d. merancang pengembangan media pembelajaran yang menggunakan fitur Sumber Belajar
- e. merancang evaluasi pembelajaran dengan fitur Sumber Belajar
7. Konten fitur Sumber Belajar Rumah Belajar merupakan jenis media....
- a. multimedia
- b. multimedia interaktif
- c. animasi
- d. simulasi
- e. video
8. Salah satu fitur Rumah Belajar yang dikembangkan sebagai wadah bagi guru untuk mengevaluasi hasil belajar yaitu....
- a. sumber belajar
- b. laboratorium maya
- c. bank soal
- d. peta budaya
- e. kelas maya
9. Apabila Anda ingin melihat hasil evaluasi siswa pada fitur Bank Soal menggunakan pilihan
- a. soal saya
- b. bank soal
- c. buat baru
- d. soal
- e. laporan
10. Ketika membuat soal, Anda harus menentukan....
- a. jenjang, kelas, mata pelajaran, jenis soal
- b. jenjang, kelas, mata pelajaran, topik
- c. jenjang, kelas, mata pelajaran, topik, jenis soal
- d. jenjang, mata pelajaran, topik, jenis soal
- e. kelas, mata pelajaran, topik, jenis soal
11. Pada fitur Bank Soal terdapat menu yang digunakan untuk membuat latihan, ulangan, atau ujian berdasarkan kumpulan soa-soal yang sudah dibuat, yaitu menu...
- a. buat soal
- b. evaluasi
- c. laporan
- d. soal saya
- e. bank soal
12. Penambahan soal pada menu evaluasi yang dibuat oleh guru yang lain sesuai dengan topik yang diinginkan dapat dilihat di....
- a. bank soal
- b. buat soal
- c. soal saya
- d. evaluasi
- e. laporan
13. Syarat siswa dapat mengerjakan soal yang Anda buat di Bank Soal yaitu...
- a. mendaftar di Rumah Belajar
- b. mengisi username dan password di Rumah Belajar
- c. melakukan login pada Bank Soal
- d. guru menambahkan nama siswa tersebut pada daftar evaluasi
- e. siswa memilih evaluasi yang sudah tersedia
14. Salah satu bentuk evaluasi yang dapat dikerjakan oleh siswa secara berulang-ulang selama waktunya belum berakhir yaitu....
- a. latihan
- b. ulangan
- c. ujian
- d. tes
- e. kuis
15. Fitur yang menyediakan buku-buku digital mengenai bahasa dan sastra untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK yaitu....
- a. Sumber Belajar
- b. Buku Sekolah Elektronik
- c. Karya Bahasa
- d. Karya sastra
- e. Karya Bahasa dan Sastra
16. Fitur Karya Bahasa dan Sastra mendukung gerkan literasi sekolah. Prinsip dalam membentuk budaya literasi di sekolah diantaranya yaitu kecuali....
- a. pendekatan akses fasilitas baca
- b. kemudahan akses mendapat bahan bacaan
- c. memerlukan biaya
- d. menyenangkan dengan segala keramahan
- e. berkelanjutan
17. Kandungan isi yang dapat diperoleh dari karya sastra yaitu kecuali....
- a. pengalaman hidup dan teladan
- b. hikmah dan ajaran moral
- c. budi pekerti, dan nasihat
- d. simbol-simbol filsafat dan budaya
- e. imajinasi dan fantasi
18. Kategori pada Fitur Karya Bahasa dan Sastra yang adalah....
- a. puisi dan prosa
- b. prosa dan drama
- c. antologi dan referensi
- d. puisi dan hikayat
- e. referensi dan cerita
19. Segala kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke yang lainnya disebut....
- a. teknologi informasi
- b. teknologi komunikasi
- c. teknologi digital
- d. teknologi informasi dan komunikasi
- e. teknologi industri modern
20. Di bawah ini bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran berbasis TIK, kecuali...
- a. mendengarkan materi melalui radio streaming Suara Edukasi
- b. melihat tayangan video instruksional melalui TV Edukasi
- c. membuat video hasil observasi atau objek tertentu dengan kamera handphone
- d. menggunakan fitur kelas maya
- e. berkomunikasi melalui telepon
21. Proses bunga mekar, gunung api di bawah laut dan cara kerja helikopter yang disajikan dengan video slowmotion atau animasi dan bahkan simulasi merupakan pemanfaatan TIK yang efektif dan efisien untuk metode pembelajaran....
- a. tutorial
- b. demonstrasi
- c. diskusi
- d. presentasi
- e. cooperative learning
22. Salah satu kekurangan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran yaitu.....
- a. memerlukan investasi untuk pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
- b. media pembelajaran (gambar, teks, audio, video, animasi, dan simulasi) dapat lebih mudah digunakan dalam proses pembelajaran
- c. membuat kelas interaktif dan pembelajaran lebih menyenangkan
- d. mempermudah interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar
- e. konsep yang abstrak menjadi mudah dipahami peserta didik
23. Proses penyatuan TIK dalam pendidikan berawal dari tahapan TIK hanya berperan sebagai tambahan (supplementary). Maksud dari TIK sebagai tambahan (supplementary) yaitu....
- a. siswa memanfaatkan materi pembelajaran berbasis TIK
- b. terjadi pemisahan antara pembelajaran dengan TIK dan siswa belajar tentang TIK itu sendiri
- c. TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran
- d. siswa sambil belajar tentang TIK, siswa juga belajar dengan menggunakan atau melalui TIK
24. Adanya keterpaduan antara mata pelajaran tertentu denga TIK salah satu kriteria dalam pendekatan santifik yaitu....
- a. materi pembelajaran berbasis legenda
- b. mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara subjektif
- c. mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir saintifik dalam melihat perbedaan
- kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran
- d. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggung jawabkan
- e. tujuan pembelajaran dirumuskan secara lengkap, namun menarik sistem penyajiannya
25. Metode yang digunakan dalam pembelajaran dengan pemnafaatan TIK untuk membangun keterampilan masyarakt abad 21 dimana memiliki karakteristik siswa diberikan suatu permasalahan terstruktur untuk dipecahkan yaitu...
- a. Resources-based learning
- b. case/problem-based learning
- c. simulation-based learning
- d. colaborative-based learning
- e. student-centered learning
26. Salah satu metode pembelajaran yang berorientasi siswa diantaranya yaitu....
- a. tutorial
- b. demonstrasi
- c. diskusi
- d. presentasi
- e. drill dan practice
27. Salah satu peran guru dalam membangun keterampilan abad 21 melalui pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran adalah...
- a. pengajar dan pendidik
- b. pengajar dan fasilitator
- c. pendidik dan kolaborator
- d. pendidik dan mentor
- e. fasilitator dan kolaborator
28. Pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran memungkinkan siswa menjadi
- a. partisipan aktif
- b. kolaborator dan teman belajar
- c. menghasilkan dan berbagi (sharing) pengetahuan/keterampilan
- d. berpartisipasi sebanyak mungkin sebagaimana layaknya seorang ahli
- e. belajar secara individu dan kolaboratif dengan siswa lain
29. Mengidentifikasi TIK (seperti buku, modul, LKS, program audio, VCD/DVD, CD-ROM, bahan ajar on-line di internet, atau alat komunikasi sinkronous dan asinkronous lainnya), memilih paragmatis-paragmatis apa yang bisa didukung oleh keberadaan TIK tersebut, merencanakan strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator capaian hasil belajar dari Paragmatis pelajaran tersebut merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam menyusun rencana pembelajaran dengan menggunakan....
- a. pendekatan paragmatis
- b. pendekatan software
- c. pendekatan saintifik
- d. pendekatan ideal
- e. pendekatan inquiry
30. Mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat merupakan salah satu tujuan dari pendekatan santifik pada aktivitas...
- a. mengamati
- b. menanya
- c. mencoba
- d. mengasosiasi
- e. mengkomunikasi
31. Aktivitas mencoba (experiment) dengan menggunakan TIK dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ....
- a. merencanakan, merancang, dan melaksanakan eksperimen, serta memperoleh, menyajikan dan mengolah data dapat dilakukan melaui online searching, pengolah data, virtual lab, mindmapping, diskusi online, kolaborasi online, dan pengolah angka
- b. mengkomunikasikan melaui blogging, microblogging, produk proyek, menulis paper, prakarya ,slide presentasi, foto, video/audio, animasi/simulasi, dan games.
- c. mencari informasi, melihat, mendengar, membaca, dan atau menyimak melalui bahan belajar digital (learning object) melalui buku elektronik, buku sekolah elektronik, multimedia pembelajaran, animasi/simulasi, video pembelajaran, slide presentasi, games dan lain-lain
- d. bertanya jawab, beropini, dan berdiskusi melalui forum diskusi online, konferensi video, chating online, mailinglist, sms messenger, grup messenger, dan lainnya
- e. menganalisis data, mengelompokkan, membuat kategori, menyimpulkan, dan memperkirakan/memprediksi dapat diintegrasikan dengan TIK dengan menggunakan mind-mapping, pengolah data, pengolah kata, pengolah gambar, pemrograman, pengolah ilustrasi dan grafis.
32. Pendekatan yang dapat dilakukan guru dalam menyusun RPP yang mengintegrasikan TIK yaitu
- a. pendekatan saintifik dan pendekatan pragmatis
- b. pendekatan pragmatis dan pendekatan software
- c. pendekatan software dan pendekatan saintifik
- d. pendekatan saintifik dan pendekatan inquiry
- e. pendekatan terintegrasi dan pendekatan software.
33. Adanya keterpaduan antara mata pelajaran tertentu denga TIK salah satu kriteria dalam pendekatan santifik yaitu....
- a. materi pembelajaran berbasis legenda
- b. mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara subjektif
- c. mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir saintifik dalam melihat perbedaan kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran
- d. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggung jawabkan
- e. tujuan pembelajaran dirumuskan secara lengkap, namun menarik sistem penyajiannya
34. Proses penyatuan TIK dalam pendidikan berawal dari tahapan TIK hanya berperan sebagai tambahan (supplementary). Maksud dari TIK sebagai tambahan (supplementary) yaitu....
- a. siswa memanfaatkan materi pembelajaran berbasis TIK
- b. terjadi pemisahan antara pembelajaran dengan TIK dan siswa belajar tentang TIK itu sendiri
- c. TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran
- d. siswa sambil belajar tentang TIK, siswa juga belajar dengan menggunakan atau melalui TIK
35. Metode yang digunakan dalam pembelajaran dengan pemnafaatan TIK untuk membangun keterampilan masyarakt abad 21 dimana memiliki karakteristik siswa diberikan suatu permasalahan terstruktur untuk dipecahkan yaitu...
- a. Resources-based learning
- b. case/problem-based learning
- c. simulation-based learning
- d. colaborative-based learning
- e. student-centered learning
36. Syarat siswa dapat mengerjakan soal yang Anda buat di Bank Soal yaitu...
- a. mendaftar di Rumah Belajar
- b. mengisi username dan password di Rumah Belajar
- c. melakukan login pada Bank Soal
- d. guru menambahkan nama siswa tersebut pada daftar evaluasi
- e. siswa memilih evaluasi yang sudah tersedia
37. Mengidentifikasi TIK (seperti buku, modul, LKS, program audio, VCD/DVD, CD-ROM, bahan ajar on-line di internet, atau alat komunikasi sinkronous dan asinkronous lainnya), memilih paragmatis-paragmatis apa yang bisa didukung oleh keberadaan TIK tersebut, merencanakan strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator capaian hasi belajar dari Paragmatis pelajaran tersebut merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam menyusun rencana pembelajaran dengan menggunakan....
- a. pendekatan paragmatis
- b. pendekatan software
- c. pendekatan saintifik
- d. pendekatan ideal
- e. pendekatan inquiry
38. Salah satu kekurangan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran yaitu.....
- a. memerlukan investasi untuk pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
- b. media pembelajaran (gambar, teks, audio, video, animasi, dan simulasi) dapat lebih mudah digunakan dalam proses pembelajaran
- c. membuat kelas interaktif dan pembelajaran lebih menyenangkan
- d. mempermudah interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar
- e. konsep yang abstrak menjadi mudah dipahami peserta didik
39. Langkah kedua yang harus dilakukan guru dalam memanfaatkan fitur Sumber Belajar Rumah Belajar untuk pembelajaran yaitu....
- a. menentukan konten yang ada
- b. mengidentifikasi konten di fitur Sumber Belajar
- c. menyusun rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan konten fitur rumah belajar
- d. meminta siswa untuk mempelajari konten fitur Sumber Belajar
- e. menayangkan konten fitur Sumber Belajar di kelas
40. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, yaitu...
- a. melakukan kolaborasi melalui media sosial
- b. mencari sumber informasi dan data di perpustakaan
- c. merumuskan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan powerpoint
- d. menggunakan telepon untuk berkomunikasi
- e. menonton tayangan televisi setelah belajar
Apa itu Duta Rumah Belajar 2019 ?
Daftar segera di : http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/detail_pelatihan/4400
Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan dari Pustekkom Kemendikbud dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) untuk 'pembelajaran di masing-masing provinsinya terutama Portal Pembelajaran GRATIS dari pemerintah yaitu Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id)
Manfaat Menjadi Duta Rumah Belajar
- Menjadi wajah perwakilan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan, terutama Rumah Belajar
- Berkesempatan mengikuti bimbingan teknis pengembangan bahan ajar berbasis TIK baik di pusat maupun daerah
- Berkesempatan dilibatkan pada acara dan kegiatan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan baik di pusat maupun daerah
- Bertemu dan bertukar wawasan dengan guru-guru berprestasi dari seluruh provinsi di Indonesia
Tahapan pelaksanaan pemilihan Duta Rumah Belajar melalui program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) yang meliputi
- 1. Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK)18 Maret - 18 April 2019
- Melakukan registrasi melalui aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.go.id)
- Mengikuti kelas bimtek daring yang telah disediakan
- Mengunduh modul dan materi pembelajaran mandiri
- Ujian sertifikasi daring Level 1
- Peserta yang lulus mendapat sertifkat Level 1
Daftar - 2. Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK)April - Mei 2019
- Semua peserta yang lulus Level 1 melanjutkan ke Level 2
- Mengikuti bimtek daring Level 2 menggunakan aplikasi yang telah disediakan
- Belajar mandiri, membuat bahan ajar dan ujian sertifikasi daring Level 2
- Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 2
- 3. Bimtek Tatap Muka Level 3 (Kreasi TIK)Juni – September 2019
- Peserta level 3 merupakan peserta terpilih yang lulus Level 2 dan ditentukan oleh panitia, berdasarkan surat pengumuman resmi (30 peserta)
- Mengikuti bimtek tatap muka Level 3 di provinsi masing-masing
- Menyempurnakan bahan ajar dan penugasan
- Peserta yang lulus mendapatkan sertifikat Level 3
- 4. Bimtek Tatap Muka Level 4 (Berbagi TIK)Oktober 2019
- Peserta yang mengikuti Level 4 merupakan peserta terbaik di provinsi masing-masing
- Mengikuti Lokakarya dan Bimtek Level 4
- Pengukuhan peserta sebagai Duta Rumah Belajar Nasional 2019
Setiap level bersifat penyisihan, di mana akan ada ujian pada setiap akhir bimtek. Peserta yang lulus pada level 4 akan dikukuhkan menjadi Duta Rumah Belajar Nasional 2019.
Bapak Ibu tertarik dengan pengembangan kompetensi di bidang TIK untuk pembelajaran? Senang berbagi dengan guru-guru lain dalam mengembangkan konten?
Mari menjadi agen pembelajaran abad 21 dengan sebagai Duta Rumah Belajar 2019
Setiap tahapan seleksi #DutaRumahBelajar merupakan sekaligus kegiatan bimbingan teknis Pembelajaran Berbasis TIK (#PembaTIK) yang akan dilaksanakan secara daring dan tatap muka. Terdapat 4 level (Level Literasi TIK, Implementasi TIK, Kreasi TIK, dan Berbagi tIK) dengan sistem gugur pada setiap akhir levelnya.
Kami membuka kesempatan untuk seleksi Duta Rumah Belajar 2019 untuk semua jenjang guru mata pelajaran. Silahkan mengikuti tahapan melalui simpatik.belajar.kemdikbud.go.id.
Pendaftaran level 1 dibuka 18 Maret s.d 18 April 2019.
Salam literasi digital!
MATERI DAN MODUL LEVEL 1 PEMBATIK 2019
Bimtek daring level 1 (Literasi TIK) merupakan tahapan pertama dalam pelaksanaan pemilihan Duta Rumah Belajar melalui program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK). Literasi teknologi merupakan tahapan mendasar yang akan mendorong dan memfasilitasi peserta menggunakan teknologi baru. Tahapan ini fokus pada pengembangan literasi teknologi guru untuk mengintegrasikan peralatan TIK ke dalam kurikulum. Hasil akhir tahap literasi ini adalah peserta bimtek mampu menguasai literasi TIK dasar, kompeten dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran untuk memberdayakan siswa agar mampu menguasai teknologi baru sebagai bekal bagi diri siswa dalam mengembangkan dirinya sebagai pembelajar sepanjang hayat.
Langkah-langkah pelaksanaan bimtek daring level 1 :
- Melakukan registrasi melalui aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id)
- Mengikuti kelas bimtek daring yang telah disediakan
- Mengunduh modul dan materi pembelajaran
- Mempelajari modul dan materi pembelajaran secara mandiri
- Ujian sertifikasi daring Level 1
- Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 1.
Silakan unduh modul di link di bawah ini klik :
Testimoni Duta Rumah Belajar 2018 versi Jejak Bali
Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan
Pustekkom-Kemdikbud RI sebagai mesin penggerak
membudayakan pemanfaatan teknologi dalam proses
pembelajaran terutama portal Rumah Belajar
http://belajar.kemdikbud.go.id (Gratis)
Mau mendapat pengalaman menjadi Duta Rumah Belajar?
1. Jalan-jalan seru tentunya ke Jakarta (Gratis)
2. Bertemu rekan-rekan guru hebat se-Indonesia
3. Ikut even nasional, regional maupun internasional
4. Belajar pembelajaran berbasis TIK dari Ahlinya
5. Dapat hadiah seperti Laptop, Sertifikat Android, Uang dan lainnya
6. Bertemu tokoh-tokoh Nasional
7. Duta terbaik ada yang diajak ke Luar Negeri lho!!! Deni Demian Renovti II
Silakan segera daftarkan diri Anda melalui laman:
http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/
Pendaftaran dibuka mulai:
Tanggal : 18 Maret 2019
(Jam 21.00 WIB) - 18 April 2019