Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEMBATIK DUTA RUMAH BELAJAR




Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 1 – Literasi TIK telah dibuka kembali. Segera daftarkan diri Anda melalui https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id

Syarat dan Ketentuan:
1. Peserta belum memiliki Sertifikat Level 1 – Literasi TIK
2. Peserta merupakan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari semua jenjangyang dibuktikan dengan SK PNS yang bersangkutan.atau guru yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan atau guru honorer di instansi pendidikan pemerintah/swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.
3. Mengajar minimal satu bidang studi di sekolahnya (guru mata pelajaran/guru kelas)

Mari Bapak dan Ibu Guru di seluruh Indonesia bersama-sama Rumah Belajar untuk bersemangat selalu dalam meningkatkan kompetensi Bapdak dan Ibu terutama di bidang TIK untuk pembelajaran

#PembaTIK2020 #DutaRumahBelajar #RumahBelajar #KemendikbudRI #NadiemMarkarim


Pengumuman Kelulusan Level 1 tahun 2020

Yth. Peserta PembaTIK Level 1

Berdasarkan hasil ujian akhir level 1 yang telah dilaksanakan, kami sampaikan daftar peserta yang lulus pada Level 1 dan dinyatakan berhak untuk melanjutkan ke Level Implementasi TIK (Level2) pada tautan https://bit.ly/pengumumanlevel1 .

Untuk mengetahui nilai ujian akhir, seluruh peserta dapat mengecek hasil ujian akhir level 1 pada masing-masing kelas yang diikuti di menu Pelatihan Saya (tangkapan layar contoh cara melihat nilai ada pada tautan https://bit.ly/caralihatnilaipembatik )

Untuk peserta yang dinyatakan lulus, silakan memilih kembali gelombang level lanjutan tersebut melalui laman https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/pembatik_2020_level2  dengan login ke akun masing-masing dan melaksanakan segala kegiatan yang ada di kelas sesuai dengan periode gelombang yang tertera.

Bagi peserta yang belum dinyatakan lulus, kami apresiasi semangat dan dedikasinya untuk mengikuti pelatihan ini dan menghimbau untuk dapat mengikuti kembali PembaTIK Level 1 yang pendaftarannya akan dibuka paling cepat pada bulan Juni 2020. Selalu ikuti informasi terkini melalui kanal-kanal informasi Rumah Belajar.

Sekian pemberitahuan dari kami, semoga Bapak dan Ibu sekalian selalu dalam keadaan sehat.

Terima kasih
Salam semangat
Panitia PembaTIK 2020


Pembatik Nasional dan Seleksi Duta Rumah Belajar 2020


Bapak/Ibu guru hebat Provinsi Bali yang kami hormati. Kami informasikan bahwa pendaftaran kegiatan PembaTIK 2020 (Pembelajaran berbasis TIK) yang diselenggarakan oleh Pusdatin – Kemendikbud RI telah dibuka. Sementara level 1 dibuka 3 gelombang dan secara bertahap akan ditambahkan s.d. 30 gelombang.
CATATAN
Bagi yang telah memiliki sertifikat level 1 tidak dapat mendaftar pada pembaTIK level 1 dan akan berlanjut pada pembaTIK level 2
Namun peserta pembaTIK level 2 serta level-level selanjutnya dibuka disesuaikan dengan gelombang level 1 (saat ini belum dibuka).

Pastikan Bapak/Ibu guru hebat sekalian turut bergabung dalam PembaTIK tahun 2020.
Selain bermanfaat untuk mengembangkan kompetensi pembelajaran berbasis TIK, PembaTIK yang diagendakan terdiri dari empat level ini, pada setiap levelnya akan disediakan sertifikat nasional minimal setara 32 JP.
Tentunya hal yang paling ditunggu-tunggu adalah berkesempatan meraih hadiah menarik baik berupa uang tunai, perangkat TIK, maupun Pelatihan Pengembangan Kompetensi serta dikukuhkan menjadi Duta Rumah Belajar Nasional Tahun 2020.

Cara mendaftar pelatihan (bagi yang telah membuat akun) :

Login menggunakan email dan password yang telah dibuat sebelumnya
Setelah masuk pada akun Bapak/Ibu sekalian, silahkan pilih menu “Pembatik 2020”
maka akan tampil “Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 1 – Literasi TIK 2020”, dan akan tersedia 3 pelatihan (pelatihan tidak dipisah berdasarkan provinsi, semua lokasi: DKI Jakarta Pusat).
Silahkan pilih salah satu waktu pelatihan yang sesuai dengan waktu pelaksanaan yang dikehendaki oleh Bapak/Ibu sekalian
Klik menu “SELENGKAPNYA”, lalu Klik “DAFTAR”
Cara mengikuti Pelatihan

Mengikuti kelas bimtek daring yang telah disediakan
Mengunduh modul dan materi pembelajaran
Mempelajari modul dan materi pembelajaran secara mandiri
Ujian sertifikasi daring Level 1
Peserta yang lulus mendapat sertifikat
Jangan Lewatkan kesempatan yang berharga ini untuk dapat menerapkan pembelajaran 4.0 bersama Rumah Belajar-Pusdatin Kemendikbud RI

Rumah Belajar
Belajar dimana saja
Kapan saja
Dengan siapa saja








INFORMASI, MOHON DI BACA !

Bapak/Ibu hebat yang sudah bergabung dalam group ini, kami ucapkan terima kasih.
Group ini dibuat untuk menfasilitasi Bapak/Ibu dalam membantu dalam program PembaTIK 2020 yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemdikbud. Baik yang sudah pernah ikut dan yang baru mencoba. Semua informasi akan di sampaikan di sini mohon digunakan group ini dengan bijak.

Adapun beberapa poin yang bisa kami sampaikan, yaitu :
1.  Kegiatan PembaTIK 2020 menfasilitasi semua guru PNS/ Non PNS semua jejang dari PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, Kepala Sekolah, bahkan Pengawas untuk mengetahui kemampuan/kompetensi TIK sesuai standar UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level 1 = literasi, level 2 = implementasi, level 3 = kreasi, dan level 4 = berbagi.

2. Bagi yang sudah mengikuti dan sudah pernah lolos di level sebelumnya berhak melanjutkan ke level selanjutnya. (Level yg lolos hanya di akui yang tahun 2019)

3. Tata Cara Mendaftar Kegiatan PEMBATIK 2020
 *saat pendaftaran pastikan menggunakan penulisan nama sekolah yg sama dengan rekan yg satu sekolah juga. Contoh SMK N 3 Bali atau SMK Negeri 3 Bali. Jika sudah terlanjur berbeda, bisa diubah dengan klik profil akun masing masing lalu klik edit.

4. Tata Cara Mengikuti Pelatihan PEMBATIK 2020

 Untuk mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai peserta, silakan login ke akun simpatik, kemudian klik Pelatihan - Pelatihan Saya. Disana akan terlihat pelatihan (level dan gelombang yang diikuti) dan ada kalimat di highlight hijau "diterima sebagai peserta"

5. Pendaftaran Level 1 akan disediakan 30 gelombang rencana dari pusat jadi Bapak/Ibu yg belum terdaftar JANGAN TAKUT pantau selalu info di group ini atau situs di atas dan daftar pada gelombang yang mash di buka, isi materi akan sama dengan gelombang sebelumnya. Yang membedakan hanya tanggal kelas mulai diklat dan tanggal ujiannya.

6. Ujian pada masing-masing gelombang dilakukan selama 2 (dua) hari setelah proses pembelajaran daring selesai.

7. MODUL LEVEL 1
 Modul resmi bisa diakses saat kelas telah berlangsun di web simpatik.
 Tapi untuk belajar lebih awal silakan unduh modul ini.

8. Pendaftaran Level 2 sudah di buka dan yang sudah punya sertifikat level 1 sebelumnya bisa mengikuti level 2 begitu pula yang sudah lolos level 2 menunggu info pelatihan level 3 di buka.

9. Setiap pelatihan mendapatkan sertifikat setara 32 JP dan ini bukan sekedar mencari sertifikat tapi mengetahui kemampuan Bapak/Ibu sudah mampu pada level berapa. 

10.Dalam Pelatihan ini akan diselipkan Pemilihan Duta Rumah Belajar Nasional bagi yang berhasil hingga lolos pada level 4.

11.Bapak/Ibu bisa melihat panduan atau yg lainya di bagian media/berkas yg sebelumnya sudah diunggah/dishare.

12.Info lengkap bisa kunjungi situs https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/

13. Pertanyaan yang belum terjawab bisa di lihat pada link https://docs.google.com/document/d/1WKM2_xDKYu8PbrkXsgJ1L9GvwYwkglwbYFW6k_DPg7c/edit  



Apa itu PembaTIK?

PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).Manfaat Mengikuti PembaTIK
  • Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini

  • Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional

  • Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar

Tahapan pelaksanaan program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) meliputi:

1. Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK)

April - Juli 2020
  • Melakukan registrasi melalui aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id)
  • Mengikuti kelas bimtek daring yang telah disediakan
  • Mengunduh modul dan materi pembelajaran mandiri
  • Ujian sertifikasi daring Level 1
  • Peserta yang lulus mendapat sertifkat Level 1

2. Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK)

Mei - Juli 2020
  • Semua peserta yang lulus Level 1 melanjutkan ke Level 2
  • Melakukan pendaftaran kelas bimtek daring level 2 melalui aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id)
  • Mengikuti kelas bimtek daring yang telah disediakan
  • Mengunduh modul dan materi pembelajaran mandiri
  • Mengunggah video dokumentasi dan testimoni pemanfaatan TIK untuk pembelajaran
  • Ujian sertifikasi daring Level 2
  • Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 2

3. Bimtek Daring Level 3 (Kreasi TIK)

Mei - Juli 2020
  • Semua peserta yang lulus Level 2 dapat melanjutkan ke Level 3.
  • Melakukan pendaftaran kelas bimtek daring level 3 melalui aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id)
  • Mengikuti kelas bimtek daring yang telah disediakan
  • Mengunduh modul dan materi pembelajaran mandiri
  • Mengunggah Karya Konten Pembelajaran
  • Ujian sertifikasi daring Level 3
  • Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 3

4. Bimtek Tatap Muka Level 4 (Berbagi TIK)

Juli - September 2020
  • Peserta level 4 merupakan peserta terpilih yang lulus Level 3 dan ditentukan oleh panitia, berdasarkan surat pengumuman resmi
  • Mengikuti bimtek tatap muka Level 4 di provinsi masing-masing
  • Melakukan Inovasi pembelajaran
  • Peserta yang lulus mendapatkan sertifikat Level 4
  • Peserta terpilih level 4 akan dikukuhkan sebagai duta rumah belajar

    Syarat dan Ketentuan

    1. Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari semua jenjangyang dibuktikan dengan SK PNS yang bersangkutan.
    2. Guru Honorer di Instansi Pendidikan Pemerintah/Swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.
    3. Mengajar minimal satu bidang studi di sekolahnya (guru mata pelajaran/guru kelas).























































PEMBATIK LEVEL 2 TAHUN 2019





Pelaksanaan PembaTIK Level 2 sudah mulai dilaksanakan, Gelombang 1 dimulai dari tanggal 18 Mei hingga 1 Juni 2019. Peserta pada gelombang 1 merupakan seluruh peserta dari Provinsi Bali. Bagi Bapak dan Ibu peserta PembaTIK yang lolos ke Level 2 dari PROVINSI BALI (Untuk provinsi lain akan dilaksanakan setelah libur Idul Fitri). Silahkan mulai akses kelas online masing-masing dengan tata cara berikut ini:









https://www.youtube.com/watch?v=vZWOJfc9aSs




1. Buka laman simpatik.belajar.kemdikbud.go.id
2. Log In menggunakan akun masing-masing
3. Klik menu Pelatihan -> Pelatihan Saya
4. Cari kelas PembaTIK Level 2, kemudian klik "Detail"
5. Lalu klik "Masuk Kelas"
6. Silahkan mempelajari setiap modul yang ada di kelas, mengerjakan tugas yang diberikan, dan melaksanakan ujian akhir pada akhir periode gelombang




Info hasil Vicon via Grup Facebook Rumah Belajar, Selasa, 21 Mei 2019:
Bapak ibu peserta Pembatik Nasional Bali, terima kasih yang sudah mengikuti vicon sore ini.
Berikut akan kami tuliskan kembali hasil vicon dengan presenter Bp. Arif Darmawan




Peserta PembaTIK Level 2 yang saya banggakan, mohon dicermati informasi berikut:




  1. Penilaian kelulusan level 2 dengan KKM 70
  2. Poin penilaian Ujian Akhir Level 2 sebesar 40% dan penugasan 60%
  3. Tugas berupa :




  • Pembuatan AKun Rumah Belajar (bagi bapak ibu yang sudah memiliki akun rumah belajar maka tugas pembuatan akun ini dianggap sudah mengerjakan)
  • Pembuatan RPP Terintegrasi TIK (sesuai dengan Mapel yang bapak ibu ampu) dengan memanfaatkan berbagai Fitur yang ada di Portal rumah Belajar .
  • Pembuatan Video Pembelajaran (BUKAN VIDEO DOKUMENTASI)
  • Video yang dibuat dengan durasi waktu 3 - 7 menit
  • Video harus disesuaikan dengan RPP
  • Gunkan Resolusi 720 HD
  • Format MP 4
  • Aplikasi untuk pembuatan video diserahkan pada bapak ibu (tidak ada ketentuan menggunakan aplikasi tertentu)
  • Bisa dengan menggunakan android
  • Materi yang dimunculkan dalam video harus sesuai dengan materi yang ada di RPP
  • dalam video tsb harus muncul Wajah Bapak ibu
  • Kata sapaan yang digunakan adalah SAHABAT RUMAH BELAJAR




  1. Nanti akan ada kelas daring (waktu dan durasi waktunya akan diumumkan pada link simpatik) yang oasti setelah lebaran
  2. Bapak ibu wajib mengikuti diskusi pada kelas online. karena diskusi pada kelas online menjadi prasyarat bapak ibu untuk bisa lulus dari level 2.
  3. Misalnya terjadi nilai tugas dan ujian akhir tidak mencapai KKM maka keaktifan diskusi pada kelas online akan menjadi tambahn bagi bapak ibu sehingga bisa lulus level 2. Semangat Bali!




Terima kasih.





MODUL PEMBATIK NASIONAL LEVEL 2 TAHUN 2019





















CONTOH RPP TUGAS PEMBATIK LEVEL 2 INTEGRASI TIK DAN FITUR RUMAH BELAJAR



















Pengumuman Kelulusan Pos Test Pembatik Level 1 Pustekkom-Kemdikbud RI 2019




Hasil Ujian PembaTIK Level 1 sudah dapat dilihat di http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/pembatik_level_1_2019




Selamat bagi Bapak dan Ibu yang lolos ke Level 2 dan terima kasih bagi seluruh peserta atas partisipasi dan antuasime yang diberikan selama ini.




Semoga ilmu yang diperoleh dapat selalu bermanfaat












DutaRumahBelajar2019 #PembaTIKLevel1 #RumahBelajar





KISI-KISI SOAL PREDIKSI PEMBATIK 2019
























MATERI PRESENTASI VICON PEMBATIK MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK, YOUTUBE DAN INSTAGRAM 2019
























PREDIKSI SOAL PEMBATIK 2018






1. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, yaitu...








  • a. melakukan kolaborasi melalui media sosial
  • b. mencari sumber informasi dan data di perpustakaan
  • c. merumuskan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan powerpoint
  • d. menggunakan telepon untuk berkomunikasi
  • e. menonton tayangan televisi setelah belajar




2. Aktivitas mencoba (experiment) dengan menggunakan TIK dapat dilakukan dalam bentuk       kegiatan... (Pendalaman)




  • a. mencari informasi melalui internet, video pembelajaran, slide presentasi, games dan lain- lain.
  • b. mengkomunikasi melalui media sosial, menulis laporan, mempresentasikan menggunakan video dan media presentasi
  • c. merencanakan dan melaksanakan eksperimen menggunakan virtual lab, mengolah dan  menyajikan data menggunakan aplikasi
  • d. bertanya jawab dan beropini melalui media sosial atau jejaring sosial
  • e. menganalisis data dan menyimpulkan menggunakan aplikasi.




3. Salah satu bentuk pemanfaatan fitur Sumber Belajar pada Portal Rumah Belajar dalam  pembelajaran sebagai referensi belajar bagi siswa yaitu sebagai.....




  • a. media belajar siswa
  • b. alat evaluasi siswa
  • c. media kolaborasi siswa
  • d. media komunikasi siswa
  • e. media simulasi siswa




4. Pemanfaatan simulasi, latihan maupun soal-soal test pada sumber belajar untuk mengukur  pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari, merupakan salah satu bentuk pemanfaatan sumber belajar yaitu...




  • a. sebagai referensi tambahan dalam menyiapkan bahan ajar
  • b. sebagai sarana untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran secara online di kelas
  • c. sebagai sarana dalam mengembangkan kreativitas dan suasana belajar
  • d. sebagai sarana berinovasi dalam pembelajaran.
  • e. sebagai sarana kolaborasi dengan siswa dalam pembelajaran.




5. Langkah kedua yang harus dilakukan guru dalam memanfaatkan fitur Sumber Belajar Rumah Belajar untuk pembelajaran yaitu....




  • a. menentukan konten yang ada
  • b. mengidentifikasi konten di fitur Sumber Belajar
  • c. menyusun rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan konten fitur rumah belajar
  • d. meminta siswa untuk mempelajari konten fitur Sumber Belajar
  • e. menayangkan konten fitur Sumber Belajar di kelas




6. Cara pemanfaatan fitur Sumber Belajar Rumah Belajar yang bisa dilakukan oleh guru adalah...








  • a. merancang aktivitas pembelajaran dengan memanfaatkan konten sumber belajar di dalam RPP
  • b. membuat jadwal pemanfaatan fitur Sumber Belajar
  • c. memnafaatkan fitur Sumber Belajar untuk ulangan
  • d. merancang pengembangan media pembelajaran yang menggunakan fitur Sumber Belajar
  • e. merancang evaluasi pembelajaran dengan fitur Sumber Belajar




7. Konten fitur Sumber Belajar Rumah Belajar merupakan jenis media....








  • a. multimedia
  • b. multimedia interaktif
  • c. animasi
  • d. simulasi
  • e. video




8. Salah satu fitur Rumah Belajar yang dikembangkan sebagai wadah bagi guru untuk mengevaluasi hasil belajar yaitu....




  • a. sumber belajar
  • b. laboratorium maya
  • c. bank soal
  • d. peta budaya
  • e. kelas maya




9. Apabila Anda ingin melihat hasil evaluasi siswa pada fitur Bank Soal menggunakan pilihan








  • a. soal saya
  • b. bank soal
  • c. buat baru
  • d. soal
  • e. laporan




10. Ketika membuat soal, Anda harus menentukan....








  • a. jenjang, kelas, mata pelajaran, jenis soal
  • b. jenjang, kelas, mata pelajaran, topik
  • c. jenjang, kelas, mata pelajaran, topik, jenis soal
  • d. jenjang, mata pelajaran, topik, jenis soal
  • e. kelas, mata pelajaran, topik, jenis soal




11. Pada fitur Bank Soal terdapat menu yang digunakan untuk membuat latihan, ulangan, atau ujian  berdasarkan kumpulan soa-soal yang sudah dibuat, yaitu menu...




  • a. buat soal
  • b. evaluasi
  • c. laporan
  • d. soal saya
  • e. bank soal




12. Penambahan soal pada menu evaluasi yang dibuat oleh guru yang lain sesuai dengan topik yang diinginkan dapat dilihat di....




  • a. bank soal
  • b. buat soal
  • c. soal saya
  • d. evaluasi
  • e. laporan




13. Syarat siswa dapat mengerjakan soal yang Anda buat di Bank Soal yaitu...








  • a. mendaftar di Rumah Belajar
  • b. mengisi username dan password di Rumah Belajar
  • c. melakukan login pada Bank Soal
  • d. guru menambahkan nama siswa tersebut pada daftar evaluasi
  • e. siswa memilih evaluasi yang sudah tersedia




14. Salah satu bentuk evaluasi yang dapat dikerjakan oleh siswa secara berulang-ulang selama waktunya belum berakhir yaitu....




  • a. latihan
  • b. ulangan
  • c. ujian
  • d. tes
  • e. kuis




15. Fitur yang menyediakan buku-buku digital mengenai bahasa dan sastra untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK yaitu....




  • a. Sumber Belajar
  • b. Buku Sekolah Elektronik
  • c. Karya Bahasa
  • d. Karya sastra
  • e. Karya Bahasa dan Sastra




16. Fitur Karya Bahasa dan Sastra mendukung gerkan literasi sekolah. Prinsip dalam membentuk budaya literasi di sekolah diantaranya yaitu kecuali....




  • a. pendekatan akses fasilitas baca
  • b. kemudahan akses mendapat bahan bacaan
  • c. memerlukan biaya
  • d. menyenangkan dengan segala keramahan
  • e. berkelanjutan




17. Kandungan isi yang dapat diperoleh dari karya sastra yaitu kecuali....








  • a. pengalaman hidup dan teladan
  • b. hikmah dan ajaran moral
  • c. budi pekerti, dan nasihat
  • d. simbol-simbol filsafat dan budaya
  • e. imajinasi dan fantasi




18. Kategori pada Fitur Karya Bahasa dan Sastra yang adalah....








  • a. puisi dan prosa
  • b. prosa dan drama
  • c. antologi dan referensi
  • d. puisi dan hikayat
  • e. referensi dan cerita




19. Segala kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke yang lainnya disebut....




  • a. teknologi informasi
  • b. teknologi komunikasi
  • c. teknologi digital
  • d. teknologi informasi dan komunikasi
  • e. teknologi industri modern




20. Di bawah ini bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran berbasis TIK, kecuali...








  • a. mendengarkan materi melalui radio streaming Suara Edukasi
  • b. melihat tayangan video instruksional melalui TV Edukasi
  • c. membuat video hasil observasi atau objek tertentu dengan kamera handphone
  • d. menggunakan fitur kelas maya
  • e. berkomunikasi melalui telepon




21. Proses bunga mekar, gunung api di bawah laut dan cara kerja helikopter yang disajikan dengan video slowmotion atau animasi dan bahkan simulasi merupakan pemanfaatan TIK yang efektif dan efisien untuk metode pembelajaran....




  • a. tutorial
  • b. demonstrasi
  • c. diskusi
  • d. presentasi
  • e. cooperative learning




22. Salah satu kekurangan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran yaitu.....








  • a. memerlukan investasi untuk pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
  • b. media pembelajaran (gambar, teks, audio, video, animasi, dan simulasi) dapat lebih mudah digunakan dalam proses pembelajaran
  • c. membuat kelas interaktif dan pembelajaran lebih menyenangkan
  • d. mempermudah interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar
  • e. konsep yang abstrak menjadi mudah dipahami peserta didik




23. Proses penyatuan TIK dalam pendidikan berawal dari tahapan TIK hanya berperan sebagai tambahan (supplementary). Maksud dari TIK sebagai tambahan (supplementary) yaitu....




  • a. siswa memanfaatkan materi pembelajaran berbasis TIK
  • b. terjadi pemisahan antara pembelajaran dengan TIK dan siswa belajar tentang TIK itu sendiri
  • c. TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu  pembelajaran
  • d. siswa sambil belajar tentang TIK, siswa juga belajar dengan menggunakan atau melalui TIK




24. Adanya keterpaduan antara mata pelajaran tertentu denga TIK salah satu kriteria dalam  pendekatan santifik yaitu....




  • a. materi pembelajaran berbasis legenda
  • b. mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara subjektif
  • c. mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir saintifik dalam melihat perbedaan
  • kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran
  • d. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggung jawabkan
  • e. tujuan pembelajaran dirumuskan secara lengkap, namun menarik sistem penyajiannya




25. Metode yang digunakan dalam pembelajaran dengan pemnafaatan TIK untuk membangun  keterampilan masyarakt abad 21 dimana memiliki karakteristik siswa diberikan suatu permasalahan terstruktur untuk dipecahkan yaitu...




  • a. Resources-based learning
  • b. case/problem-based learning
  • c. simulation-based learning
  • d. colaborative-based learning
  • e. student-centered learning




26. Salah satu metode pembelajaran yang berorientasi siswa diantaranya yaitu....








  • a. tutorial
  • b. demonstrasi
  • c. diskusi
  • d. presentasi
  • e. drill dan practice




27. Salah satu peran guru dalam membangun keterampilan abad 21 melalui pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran adalah...




  • a. pengajar dan pendidik
  • b. pengajar dan fasilitator
  • c. pendidik dan kolaborator
  • d. pendidik dan mentor
  • e. fasilitator dan kolaborator




28. Pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran memungkinkan siswa menjadi








  • a. partisipan aktif
  • b. kolaborator dan teman belajar
  • c. menghasilkan dan berbagi (sharing) pengetahuan/keterampilan
  • d. berpartisipasi sebanyak mungkin sebagaimana layaknya seorang ahli
  • e. belajar secara individu dan kolaboratif dengan siswa lain




29. Mengidentifikasi TIK (seperti buku, modul, LKS, program audio, VCD/DVD, CD-ROM, bahan  ajar on-line di internet, atau alat komunikasi sinkronous dan asinkronous lainnya), memilih  paragmatis-paragmatis apa yang bisa didukung oleh keberadaan TIK tersebut, merencanakan  strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator capaian hasil belajar dari Paragmatis pelajaran tersebut merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam  menyusun rencana pembelajaran dengan menggunakan....




  • a. pendekatan paragmatis
  • b. pendekatan software
  • c. pendekatan saintifik
  • d. pendekatan ideal
  • e. pendekatan inquiry




30. Mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat merupakan salah satu tujuan dari pendekatan santifik pada aktivitas...




  • a. mengamati
  • b. menanya
  • c. mencoba
  • d. mengasosiasi
  • e. mengkomunikasi




31. Aktivitas mencoba (experiment) dengan menggunakan TIK dapat dilakukan dalam bentuk  kegiatan ....




  • a. merencanakan, merancang, dan melaksanakan eksperimen, serta memperoleh, menyajikan dan mengolah data dapat dilakukan melaui online searching, pengolah data, virtual lab,  mindmapping, diskusi online, kolaborasi online, dan pengolah angka
  • b. mengkomunikasikan melaui blogging, microblogging, produk proyek, menulis paper, prakarya ,slide presentasi, foto, video/audio, animasi/simulasi, dan games.
  • c. mencari informasi, melihat, mendengar, membaca, dan atau menyimak melalui bahan belajar digital (learning object) melalui buku elektronik, buku sekolah elektronik, multimedia pembelajaran, animasi/simulasi, video pembelajaran, slide presentasi, games dan lain-lain
  • d. bertanya jawab, beropini, dan berdiskusi melalui forum diskusi online, konferensi video,  chating online, mailinglist, sms messenger, grup messenger, dan lainnya
  • e. menganalisis data, mengelompokkan, membuat kategori, menyimpulkan, dan memperkirakan/memprediksi  dapat diintegrasikan dengan TIK dengan menggunakan mind-mapping, pengolah data, pengolah kata, pengolah gambar, pemrograman, pengolah ilustrasi dan grafis.




32. Pendekatan yang dapat dilakukan guru dalam menyusun RPP yang mengintegrasikan TIK yaitu








  • a. pendekatan saintifik dan pendekatan pragmatis
  • b. pendekatan pragmatis dan pendekatan software
  • c. pendekatan software dan pendekatan saintifik
  • d. pendekatan saintifik dan pendekatan inquiry
  • e. pendekatan terintegrasi dan pendekatan software.




33. Adanya keterpaduan antara mata pelajaran tertentu denga TIK salah satu kriteria dalam pendekatan santifik yaitu....




  • a. materi pembelajaran berbasis legenda
  • b. mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara subjektif
  • c. mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir saintifik dalam melihat perbedaan kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran
  • d. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggung jawabkan
  • e. tujuan pembelajaran dirumuskan secara lengkap, namun menarik sistem penyajiannya




34. Proses penyatuan TIK dalam pendidikan berawal dari tahapan TIK hanya berperan sebagai tambahan (supplementary). Maksud dari TIK sebagai tambahan (supplementary) yaitu....




  • a. siswa memanfaatkan materi pembelajaran berbasis TIK
  • b. terjadi pemisahan antara pembelajaran dengan TIK dan siswa belajar tentang TIK itu sendiri
  • c. TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu  pembelajaran
  • d. siswa sambil belajar tentang TIK, siswa juga belajar dengan menggunakan atau melalui TIK




35. Metode yang digunakan dalam pembelajaran dengan pemnafaatan TIK untuk membangun keterampilan masyarakt abad 21 dimana memiliki karakteristik siswa diberikan suatu permasalahan terstruktur untuk dipecahkan yaitu...




  • a. Resources-based learning
  • b. case/problem-based learning
  • c. simulation-based learning
  • d. colaborative-based learning
  • e. student-centered learning




36. Syarat siswa dapat mengerjakan soal yang Anda buat di Bank Soal yaitu...








  • a. mendaftar di Rumah Belajar
  • b. mengisi username dan password di Rumah Belajar
  • c. melakukan login pada Bank Soal
  • d. guru menambahkan nama siswa tersebut pada daftar evaluasi
  • e. siswa memilih evaluasi yang sudah tersedia




37. Mengidentifikasi TIK (seperti buku, modul, LKS, program audio, VCD/DVD, CD-ROM, bahan ajar on-line di internet, atau alat komunikasi sinkronous dan asinkronous lainnya), memilih paragmatis-paragmatis apa yang bisa didukung oleh keberadaan TIK tersebut, merencanakan strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator capaian hasi belajar dari Paragmatis pelajaran tersebut merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam menyusun rencana pembelajaran dengan menggunakan....




  • a. pendekatan paragmatis
  • b. pendekatan software
  • c. pendekatan saintifik
  • d. pendekatan ideal
  • e. pendekatan inquiry




38. Salah satu kekurangan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran yaitu.....








  • a. memerlukan investasi untuk pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
  • b. media pembelajaran (gambar, teks, audio, video, animasi, dan simulasi) dapat lebih mudah  digunakan dalam proses pembelajaran
  • c. membuat kelas interaktif dan pembelajaran lebih menyenangkan
  • d. mempermudah interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar
  • e. konsep yang abstrak menjadi mudah dipahami peserta didik




39. Langkah kedua yang harus dilakukan guru dalam memanfaatkan fitur Sumber Belajar Rumah Belajar untuk pembelajaran yaitu....




  • a. menentukan konten yang ada
  • b. mengidentifikasi konten di fitur Sumber Belajar
  • c. menyusun rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan konten fitur rumah belajar
  • d. meminta siswa untuk mempelajari konten fitur Sumber Belajar
  • e. menayangkan konten fitur Sumber Belajar di kelas




40. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, yaitu...








  • a. melakukan kolaborasi melalui media sosial
  • b. mencari sumber informasi dan data di perpustakaan
  • c. merumuskan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan powerpoint
  • d. menggunakan telepon untuk berkomunikasi
  • e. menonton tayangan televisi setelah belajar








Apa itu Duta Rumah Belajar 2019 ?










https://youtu.be/US2pYLerMFA




Daftar segera di : http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/detail_pelatihan/4400
























Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan dari Pustekkom Kemendikbud dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) untuk 'pembelajaran di masing-masing provinsinya terutama Portal Pembelajaran GRATIS dari pemerintah yaitu Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id)




Manfaat Menjadi Duta Rumah Belajar





  • Menjadi wajah perwakilan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan, terutama Rumah Belajar
  • Berkesempatan mengikuti bimbingan teknis pengembangan bahan ajar berbasis TIK baik di pusat maupun daerah
  • Berkesempatan dilibatkan pada acara dan kegiatan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan baik di pusat maupun daerah
  • Bertemu dan bertukar wawasan dengan guru-guru berprestasi dari seluruh provinsi di Indonesia




Tahapan pelaksanaan pemilihan Duta Rumah Belajar melalui program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) yang meliputi





  • 1. Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK)18 Maret - 18 April 2019
    • Melakukan registrasi melalui aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.go.id)
    • Mengikuti kelas bimtek daring yang telah disediakan
    • Mengunduh modul dan materi pembelajaran mandiri
    • Ujian sertifikasi daring Level 1
    • Peserta yang lulus mendapat sertifkat Level 1

    Daftar
  • 2. Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK)April - Mei 2019
    • Semua peserta yang lulus Level 1 melanjutkan ke Level 2
    • Mengikuti bimtek daring Level 2 menggunakan aplikasi yang telah disediakan
    • Belajar mandiri, membuat bahan ajar dan ujian sertifikasi daring Level 2
    • Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 2
  • 3. Bimtek Tatap Muka Level 3 (Kreasi TIK)Juni – September 2019
    • Peserta level 3 merupakan peserta terpilih yang lulus Level 2 dan ditentukan oleh panitia, berdasarkan surat pengumuman resmi (30 peserta)
    • Mengikuti bimtek tatap muka Level 3 di provinsi masing-masing
    • Menyempurnakan bahan ajar dan penugasan
    • Peserta yang lulus mendapatkan sertifikat Level 3
  • 4. Bimtek Tatap Muka Level 4 (Berbagi TIK)Oktober 2019
    • Peserta yang mengikuti Level 4 merupakan peserta terbaik di provinsi masing-masing
    • Mengikuti Lokakarya dan Bimtek Level 4
    • Pengukuhan peserta sebagai Duta Rumah Belajar Nasional 2019




Setiap level bersifat penyisihan, di mana akan ada ujian pada setiap akhir bimtek. Peserta yang lulus pada level 4 akan dikukuhkan menjadi Duta Rumah Belajar Nasional 2019.




Bapak Ibu tertarik dengan pengembangan kompetensi di bidang TIK untuk pembelajaran? Senang berbagi dengan guru-guru lain dalam mengembangkan konten?




Mari menjadi agen pembelajaran abad 21 dengan sebagai Duta Rumah Belajar 2019




Setiap tahapan seleksi #DutaRumahBelajar merupakan sekaligus kegiatan bimbingan teknis Pembelajaran Berbasis TIK (#PembaTIK) yang akan dilaksanakan secara daring dan tatap muka. Terdapat 4 level (Level Literasi TIK, Implementasi TIK, Kreasi TIK, dan Berbagi tIK) dengan sistem gugur pada setiap akhir levelnya.




Kami membuka kesempatan untuk seleksi Duta Rumah Belajar 2019 untuk semua jenjang guru mata pelajaran. Silahkan mengikuti tahapan melalui simpatik.belajar.kemdikbud.go.id.
Pendaftaran level 1 dibuka 18 Maret s.d 18 April 2019.




Salam literasi digital!




















MATERI DAN MODUL LEVEL 1 PEMBATIK 2019





Bimtek daring level 1 (Literasi TIK) merupakan tahapan pertama dalam pelaksanaan pemilihan Duta Rumah Belajar melalui program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK). Literasi teknologi merupakan tahapan mendasar yang akan mendorong dan memfasilitasi peserta menggunakan teknologi baru. Tahapan ini fokus pada pengembangan literasi teknologi guru untuk mengintegrasikan peralatan TIK ke dalam kurikulum. Hasil akhir tahap literasi ini adalah peserta bimtek mampu menguasai literasi TIK dasar, kompeten dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran untuk memberdayakan siswa agar mampu menguasai teknologi baru sebagai bekal bagi diri siswa dalam mengembangkan dirinya sebagai pembelajar sepanjang hayat.

Langkah-langkah pelaksanaan bimtek daring level 1 :




  1. Melakukan registrasi melalui aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id)
  2. Mengikuti kelas bimtek daring yang telah disediakan
  3. Mengunduh modul dan materi pembelajaran
  4. Mempelajari modul dan materi pembelajaran secara mandiri
  5. Ujian sertifikasi daring Level 1
  6. Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 1.




Silakan unduh modul di link di bawah ini klik :








































Testimoni Duta Rumah Belajar 2018 versi Jejak Bali





Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan
Pustekkom-Kemdikbud RI sebagai mesin penggerak
membudayakan pemanfaatan teknologi dalam proses
pembelajaran terutama portal Rumah Belajar
http://belajar.kemdikbud.go.id (Gratis)




Mau mendapat pengalaman menjadi Duta Rumah Belajar?
1. Jalan-jalan seru tentunya ke Jakarta (Gratis)
2. Bertemu rekan-rekan guru hebat se-Indonesia
3. Ikut even nasional, regional maupun internasional
4. Belajar pembelajaran berbasis TIK dari Ahlinya
5. Dapat hadiah seperti Laptop, Sertifikat Android, Uang dan lainnya
6. Bertemu tokoh-tokoh Nasional
7. Duta terbaik ada yang diajak ke Luar Negeri lho!!! Deni Demian Renovti II




Silakan segera daftarkan diri Anda melalui laman:
http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/
Pendaftaran dibuka mulai:
Tanggal : 18 Maret 2019
(Jam 21.00 WIB) - 18 April 2019



(…) (…)