Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seesaw Portofolio


Seesaw
Seesaw artinya jungkat-jungkit adalah sebuah platform pembelajaran yang
memungkinkan setiap siswa untuk memiliki jurnal pembelajaran kolaboratif,
dengan pilihan untuk berbagi konten dengan siswa laindi kelas oleh guru. Bahkan
guru juga dapat langsung berbagi teks, gambar, video, gambar dan link dimana
siswa dapat melihat pada android/handphone mereka, menggunakan aplikasi untuk
perangkat iPhone, iPad dan android.
Abad 21 dicirikan dengan era digital. Zaman ini begitu terbuka dan cepat
bagi semua orang untuk mengakses informasi dan memenuhi kebutuhan hidupnya.













Guru harus menyiapkan berbagai kompetensi diri yang akan mendukung
performance dirinya agar bisa menjadi guru yang professional. Guru yang
mumpuni minimal harus memiliki tiga dasar kemampuan esensial yakni kurikulum
yang sesuai dengan perubahan zaman, proses pembelajaran yang kreatif, inovatif
dan menyenangkan serta memahami dan menguasai system penilaian yang tepat.
Keseimbangan antara ketiga faktor ini akan menghasilkan output sistem menjadi
berkualitas.
Seesaw dapat membagi informasi bersama siswa, orang tua dan guru secara
kolaborasi. Siswa juga dapat membangun atau merancang kreasi dan karya-karya
inovatif sesuai kompetensi kinerja yang disepakati bersama dengan guru mata
pelajaran. Seesaw hadir dan membawa perubahan cara berfikir guru tentang
merancang penilaian otentik secara online dengan speck yang luas. Melalui
aplikasi ini guru dapat memberikan informasi kepada orang tua siswa tentang apa
yang sementara dilakukan siswa di kelas-kelas mereka dan orang tua melalui kelas
online juga dapat mengontrol perilaku anak-anak secara terpadu bersama guru.
Abad 21 dicirikan dengan era digital. Di mana-mana kita mengenal toko
online, buku online, belanja online, ojek online,taksi online, perpustakaan online
dan lain-lain. Zaman ini begitu terbuka dan cepat bagi semua orang untuk
mengakses infomasi dan memenuhi kebutuhan hidupnya.
Guru yang akan menjadi pendidik di era milenial ini harus menyiapkan
berbagai kompetensi diri yang akan mendukung performance dirinya agar bisa
menjadi guru yang professional. Guru yang mumpuni minimal harus memiliki
tiga dasar kemampuan esensial yakni kurikulum yang sesuai dengan
perkembangan zaman, proses pembelajaran yang kreatif, inovatif dan
menyenangkan serta memahami dan menguasai sistem penilaian yang tepat.
Keseimbangan antara ketiga faktor ini akan menghasilkan faktor input dan output
sistem menjadi berkualitas.
Penilaian yang baik harus memenuhi syarat sahih, ajeg,dan praktis yakni
berorientasi pada kompetensi, adil dan objektif, terbuka, berkesinambungan,
menyeluruh dan bermakna. Beberapa permasalahan tentang penilaian selama ini
yang kita temui berupa tes baku, tes tertutup, penilaian yang tidak disesuaikan
dengan cara belajar siswa yang bervariasi, serta penilaian yang tidak memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mewujudkan kemampuan dan bukan
ketidakmampuan mereka. Guru dapat menggunakan penilaian portofolio sebagai
salah satu jenis penilaian alternatif yang dapat meminimalkan permasalahan
tersebut. Penilaian Portofolio dianggap bisa sebagai penilaian modern dan jauh
lebih reliebel dan valid daripada penilaian baku.
Portofolio adalah A hinged cover or flexible case for Carrying lose papers,
pictures or phamplets atau semacam map, kotak, atau tas fleksibel untuk
membawa surat-surat lepas, gambar-gambar atau pamflet lepas. Jadi portofolio
adalah hasil kerja seseorang yang berupa kumpulan dokumen secara lepas. Dengan
melihat portofolio seseorang, kita dapat menelusuri riwayat perkembangan
prestasi seseorang atau apa yang yang telah dicapai seseorang tersebut.
Penilaian protofolio dapat dilakukan dengan tahapan : menentukkan fokus
portofolio,menentukan aspek isi yang dinilai, membuat pedoman rubric penskoran,
menentukkan penilaian oleh guru sendiri, pembuatan rubric secara rinci dengan





melampirkan bukti proses, menentukkan mutu kegiatan serta keragaman
pendekatan yang dipakai dalam penilaian protofolio.
Namun demikian penilaian portofolio secara manual memiliki kelemahan
yaitu penilaian ini memerlukan tempat penyimpanan evidence (dokumen) yang
mesti memadai; apalagi jika jumlah peserta didik cukup besar. Dalam dunia
pendidikan digital, kita mengenal ada delapan cara menyimpan dokumen
pembelajaran dengan menyimpan pengalaman terbaik siswa yakni : a) Google
Drive portfolios; b) Linkedin; c) Three Ring; d) Pathbrite; e) Seesaw (siswa dapat
berkolaborasi); f) Exibi serta g) Go Ennauonce.
Semua penilaian portofolio online tersebut memiliki kelebihan masingmasing. Namun ada hal yang paling menarik dari semua penilaian tersebut adalah
penilaian portofolio Seesaw. Kali ini kita akan mencari tahu lebih mendalam
tentang jenis penilaian Seesaw. Kelebihan software ini siswa dapat membangun
ide-ide kreasi antar teman dan kelompok; guru dapat menghemat waktu
pembelajaran di kelas dan dapat membangun hubungan yang efektif dengan orang
tua secara terbuka.
Seesaw dapat membagi informasi bersama siswa, orang tua dan guru secara
kolaborasi. Siswa juga dapat membangun atau merancang kreasi dan karya-karya
inovatif sesuai kompetensi kinerja yang disepakati bersama dengan guru mata
pelajaran.
Seesaw hadir dan membawa perubahan cara berpikir guru tentang
merancang penilaian otentik secara online dengan speck yang luas. Melalui
aplikasi ini guru dapat memberikan informasi kepada orang tua siswa tentang apa
yang sementara dilakukan siswa di kelas-kelas mereka dan orang tua melalui kelas
online juga dapat mengontrol perilaku anak-anak secara terpadu bersama guru.





Penilaian protofolio dapat dilakukan dengan tahapan : menentukkan fokus portofolio,menentukan aspek isi yang dinilai, membuat pedoman rubric penskoran, menentukkan penilaian oleh guru sendiri, pembuatan rubric secara rinci dengan melampirkan bukti proses, menentukkan mutu kegiatan serta keragaman pendekatan yang dipakai dalam penilaian protofolio.





Namun demikian penilaian portofolio secara manual memiliki kelemahan yaitu  penilaian ini memerlukan tempat penyimpanan evidence (dokumen) yang mesti memadai; apalagi jika jumlah peserta didik cukup besar. Dalam dunia pendidikan digital, kita mengenal ada delapan cara menyimpan dokumen pembelajaran dengan menyimpan pengalaman terbaik siswa yakni : a) Google Drive portfolios; b) Linkedin; c) Three Ring; d) Pathbrite; e) Seesaw (siswa dapat berkolaborasi); f) Exibi serta g) Go Ennauonce.





Semua penilaian portofolio online tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Namun ada hal yang paling menarik dari semua penilaian tersebut adalah penilaian portofolio Seesaw. Kali ini kita akan mencari tahu lebih mendalam tentang jenis penilaian  Seesaw. Kelebihan software ini siswa dapat membangun ide-ide kreasi antar teman dan kelompok; guru dapat menghemat waktu pembelajaran di kelas dan dapat membangun hubungan yang efektif dengan orang tua secara terbuka.





Seesaw dapat membagi informasi bersama siswa, orang tua dan guru secara kolaborasi. Siswa juga dapat membangun atau merancang kreasi dan karya-karya inovatif sesuai kompetensi kinerja yang disepakati bersama dengan guru mata pelajaran.





Seesaw hadir dan membawa perubahan cara berpikir guru tentang merancang penilaian otentik secara online dengan speck yang luas. Melalui aplikasi ini guru dapat memberikan informasi kepada orang tua siswa tentang apa yang sementara dilakukan siswa di kelas-kelas mereka dan orang tua melalui kelas online juga  dapat mengontrol perilaku anak-anak secara terpadu bersama guru.





Dalam kegiatan Diklat Guru Melek IT secara online  ini bukan hanya mengajarkan tentang penilaian portofolio namun kami juga akan diperkenalkan tentang membuat soal tes online, cara analisis hasil belajar siswa (Ana Test) serta mekanisme penilaiannya secara tepat. Penilaian portofolio dengan software Seesaw mengajarkan kepada guru untuk merancang dokumen kemudia diseleksi dan dijadikan sebagai refleksi pribadi siswa.





Banyak harapan dan mimpi yang ingin kami bangun bersama para guru Indonesia untuk mewujudkan generasi emas, generasi hebat dan berkarakter melalui penilaian portofolio Seesaw ini. Mari kita wujudkan Guru Indonesia guru hebat dan berkarakter, dengan menjadi Guru Indonesia yang Melek IT.










Komang Budiadnya
Komang Budiadnya Saya Seorang Guru dan Juga Content Creator

Posting Komentar untuk "Seesaw Portofolio"